Pengertian Prime Coat

Ada banyak sekali istilah yang dipakai dalam pekerjaan jalan raya. Salah satunya ialah Prime Coat. Tentunya kita bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan Prime Coat. Bagaimana pengaplikasiannya di lapangan? Melalui artikel ini, kami jasa pengaspalan Jakarta akan menjelaskan istilah Prime Coat dan cara pengaplikasiannya.

Apa yang dimaksud dengan Prime Coat? 

Prime Coat dapat diartikan sebagai lapisan pengikat aspal cair yang diletakkan di atas lapisan pondasi agregat tipe A. Lapisan pengikat ini terbuat dari aspal yang dicairkan menjadi minyak tanah. Volumenya memiliki nilai antara 0,4 sampai dengan 1,3 liter/m2. Fungsi dari Aspal Prime Coat adalah untuk memberikan daya ikat antara lapis pondasi agregat dengan aspal hotmix. Selain itu, Prime Coat juga berfungsi untuk mencegah hilangnya butiran lapis pondasi agregat saat dilewati kendaraan sebelum dilapisi aspal hotmix.

Bagaimana pengaplikasian Prime Coat?

Berikut akan diuraikan langkah-langkah pengaplikasian Prime Coat.

Ketika lapisan base course selesai dikerjakan, permukaan lapisan base course harus disemprot terlebih dahulu dengan Prime Coat. Fungsi dari Prime Coat dalam hal ini adalah sebagai perekat antara lapisan aspal dengan base. Lalu kapan sebaiknya penyemprotan dilakukan? Penyemprotan Prime Coat sebaiknya dilakukan kurang lebih delapan jam sebelum pengaspalan dimulai. Hal ini ditujukan supaya Prime Coat  kering dan dapat berfungsi dengan baik.

Selain memiliki 2 fungsi di atas, Prime Coat juga berfungsi untuk menjaga lapisan pondasi agregat khususnya dari pengaruh cuaca seperti saat hujan deras. Prime Coat dalam hal ini mampu mencegah kucuran air sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada struktur jalan. Jumlah prime coat yang digunakan dalam pengaplikasian hendaknya disesuaikan dengan jumlah yang telah ditentukan. Yang tidak kalah penting, sebelum penyemprotan dilakukan aspal harus diaduk terlebih dahulu. Setelah itu, pelaksana proyek dapat melakukan penyemprotan prime coat secara merata dan seragam. Setelah penyemprotan selesai dikerjakan, seluruh peralatan harus dibersihkan dari bekas aspal. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan minyak.

Apa saja yang harus diperhatikan sebelum penyemprotan? 

Sebelum memulai penyemprotan prime coat, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan. Salah satunya ialah memastikan permukaan lapisan base telah bersih dari debu dan kotoran lainnya. Setelah semua langkah-langkah di atas dilakukan, pelaksana proyek masih harus memastikan satu hal; permukaan lapisan base harus disiram dengan sedikit air. Tujuannya adalah untuk mengikat sisa-sisa debu dan memastikan adanya ikatan antara lapisan base dan aspal Prime Coat.

Pengaplikasian dapat dilakukan pada saat aspal pertama dipanaskan dengan suhu tertentu. Setelah dicampurkan, Prime Coat kemudian dicampur minyak tanah dengan porsi yang tepat. Langkah selanjutnya adalah penyemprotan yang dapat dilakukan dengan peralatan penyemprot aspal. Akan tetapi, seandainya tidak ada penyemprot aspal, Anda dapat menggunakan kaleng yang dilubangi.

Semoga bermanfaat. Selamat membaca!!!